search

Kamis, 07 Maret 2013

100 Juta Hiu Terbunuh Setiap Tahunnya

100 Juta Hiu Terbunuh Setiap Tahunnya

hai kawan hiu akan punah.Penangkapan ikan yang agresif mengancam populasi spesies hiu diambang kepunahan. Sebuah studi baru-baru ini menempatkan kematian hiu tahunan mencapai 100 juta ekor.

"Analisis kami menujukkan bahwa sekitar satu dari 15 hiu telah terbunuh akibat penangkapan ikan setiap tahunnya," kata pemimpin studi, Boris Worm yang juga seorang profesor biologi di Universitas Dalhousie, Kanada. Hiu akan menjadi lebih rentan terhadap kepunahan karena permintaan sirip mereka.


Berdasarkan data kematian hiu dan perkiraan hasil tangkapan ilegal yang dilaporkan, para peneliti memperkirakan bahwa 100 juta hiu terbunuh pada tahun 2000. Dan sebanyak 97 juta hiu pada 2010. Tapi karena ilmuwan tidak memiliki data yang memadai terkait tangkapan hiu, mereka memperkirakan kematian tahunan ikan ini berada di kisaran 63 juta hingga 273 juta.

Pemburu memanfaatkan daging, minya hati, tulang rawan dan sirip yang berharga. Seringkali sirip dipotong dari hiu hidup untuk digunakan sebagai sup sirip hiu yang kelezatannya sangat berharga di Asia Timur. Namun hiu memiliki pertumbuhan dan tingkat reproduksi yang lambat, maka ini mengacam populasi mereka.

Konservasionis mengatakan bahwa menipisnya populasi hiu sangat memprihatinkan. Pasalnya, sebagai predator puncak, mereka membantu keseimbangan ekosistem lautan dunia.

Pada 3 Maret lalu, ratusan delegasi dari 177 negara akan bertemu dalam pertemuan Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) di Bangkok. Agenda tersebut meliputi proteksi perdagangan lima spesies hiu, yaitu oceanic whitetip, porbeagle dan tiga jenis hiu martil yang siripnya banyak diburu.

sekian yang bisa saya share...thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar